10 Desember 2011

keliling luas lingkaran


           PEMBAHASAN
LATIHAN
·       klling luas lingkaran.

class Lingkaran{
private double radius;
void IsiJari(double radius)
{
this.radius=radius;
}
public double perolehPi()
{
return 3.14;
}
public double perolehKeliling()
{
return 2 * perolehPi() * radius;
}
public double perolehLuas()
{
return perolehPi()*radius*radius;
}
}
public class PenentuMetode{
public static void main(String [] args)
{
Lingkaran bulatan = new Lingkaran();
bulatan.IsiJari(75);
System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());
System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());
System.out.println("Luas="+bulatan.perolehLuas());
}
}
Hasilnya:
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma" PenentuMetode
Keliling = 471.0
pi = 3.14
Luas=17662.5
Finished executing




Pembahasannya:
·         class Lingkaran{ : digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         private double radius;: merupakan field untuk mengakses kelas pada double radius. Dimana modifier private ini merupakan field yang bias diakses dalam kelas itu sendiri.
·         void IsiJari(double radius):digunakan untuk menampilkan kelas dengan method jari.
·         this.radius=radius;
·         public double perolehPi(): digunakan untuk menampilkan method perolehan pi.
·         return 3.14;: merupakan nilai dari pi = 3.14.
·         public double perolehKeliling(): digunakan untuk menampilkan method perolehan keliling.
·         return 2 * perolehPi() * radius;: merupakan rumus untuk memperoleh keliling.
·         public double perolehLuas():digunakan untuk menampilkan method Luas.
·         return perolehPi()*radius*radius; : merupakan rumus untuk menghitung luas.
·         public class PenentuMetode{: digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         public static void main(String [] args): untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
·         Lingkaran bulatan = new Lingkaran(); : digunkan untuk menciptakan obyek baru pada lingkaran.
·         bulatan.IsiJari(75); : merupakan variable isijarinya adalah 75.
·         System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling()); : digunakan untuk menampilkan hasil outputnya (Keliling)
·         System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());: digunakan untuk menampilkan hasil outputnya (Pi)
·         System.out.println("Luas="+bulatan.perolehLuas());: digunakan untuk menampilkan hasil outputnya (Luas).
TUGAS
1.       Membuat program untuk menghitung volume balok/kubus dan menentukan bangun yang dimasukkan balok atau kubus.
import java.util.Scanner;// untuk mendeklarasikan java agar menerima masukkan.
class ObyekBalokKubus// digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.

{
                         int panjang, lebar, tinggi, volume; //Sebagai tamppilan atribut yang bertipe integer.
public void setPanjang(int p)//berfungsi sebagai menampilkan nama method yaitu setPanjang.
{
panjang = p; // digunakan untuk menciptakan obyek pada panjang.
}
public void setLebar(int l)// berfungsi sebagai menampilkan nama method yaitu setLebar.
{
lebar = l;// digunakan untuk menciptakan obyek pada panjang.

}
public void setTinggi(int t)// berfungsi sebagai menampilkan nama method yaitu setTinggi.
{
tinggi = t;// digunakan untuk menciptakan obyek pada panjang.
}
public int getPanjang()//untuk mendeklarasikan method panjang dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan
{
return panjang;//merupakan nilai balik dari panjang atau method ini mengembalikan integer dari ekspresi panjang.
}
public int getLebar()//untuk mendeklarasikan method lebar dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan.
{
return lebar;// merupakan nilai balik dari lebar atau method ini mengembalikan integer dari ekspresi lebar.
}
                         public int getTinggi()//untuk mendeklarasikan method tinggi dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan
{
return tinggi;// merupakan nilai balik dari tinggi atau method ini mengembalikan integer dari ekspresi tinggi.
                        }
public int getVolume()//untuk mendeklarasikan method tinggi dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan
{
return panjang*lebar*tinggi;//merupakan nilai balik dari hasil perkalian panjang kali lebar kali tinggi atau method ini mengembalikan integer yang dihitung dari ekspresi panjang * lebar* tinggi.
                        }
public boolean iskubus()// merupakan variable iskubus dengan tipe variablenya Boolean(merupakan tipe data yang memiliki dua nilai true dan false).
{
if (panjang==lebar && lebar==tinggi)
return true;
else
return false;
perintah diatas merupakan tipe perulangan menggunakan if dimana jika benar adalah true jika salah adalah false.
}
}
public class ObyekBalokKubus1// digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
{
public static void main(String[] args)// untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
{
Scanner data = new Scanner(System.in);// artinya dibuat obyek dengan nama data dan mengacu ke kelas Scanner.
ObyekBalokKubus obk = new ObyekBalokKubus();//digunakan untuk menciptakan obyek baru pada lingkaran.
int p, l, t, v;//merupakan tampilan atriubut bertipe integer.
System.out.print("Masukkan Panjang : ");//digunakan untuk menampilkan hasil output input (Panjang)
obk.setPanjang(data.nextInt());//pernyataan masukkan untuk data bertipe integer.
System.out.print("Masukkan Lebar : ");// digunakan untuk menampilkan hasil output input (Lebar)
obk.setLebar(data.nextInt());//pernyataan masukkan untuk data bertipe integer.
System.out.print("Masukkan Tinggi : ");// digunakan untuk menampilkan hasil output input (tinggi)
obk.setTinggi(data.nextInt());//pernyataan masukkan untuk data bertipe integer.
System.out.println("Volume : "+obk.getVolume());//digunakan untuk menampilkan hasil volume.
System.out.println("");// digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
System.out.println("Bangun ruang tersebut merupakan ");// digunakan untuk menampilkan hasil output input.
System.out.println("");//digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
if (obk.iskubus())//
System.out.println("Kubus");//digunakan untuk menampilkan kubus.
else //pernyataan jika salah
System.out.println("Balok");// akan menampilkan balok.
}
}
Hasilnya :
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma" ObyekBalokKubus1
Masukkan Panjang : Masukkan Lebar : Masukkan Tinggi : Volume : 6

Bangun ruang tersebut merupakan

Balok
Finished executing









MODUL 16
KELAS DAN OBYEK II
A.                TUJUAN
Mahasiswa mampu membuat obyek yang mengacu dikelas tersebut.
B.                 PEMBAHASAN
LATIHAN
Membuat kelas main.
public class Bicycle{
       public int cadence;
       public int gear;
       public int speed;

       public Bicycle (int startCadence, int startSpeed, int startGear){
                       gear = startGear;
                       cadence = startCadence;
                       speed = startSpeed;
                       }

                       public void setGear(int newValue){
                                       cadence = newValue;
                                       }

                                       public void setCadence (int newValue){
                                                       gear = newValue;
                                                       }

                                                       public void applyBrake (int decrement){
                                                                       speed -= decrement;
                                                                       }

                                                                       public void speedUp (int increment){
                                                                                       speed += increment;
                                                                                       }
       }

class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
       Bicycle bb1 = new Bicycle(1,2,3);
       Bicycle bb2 = new Bicycle(3,4,5);

       bb1.setGear(10);
       bb1.setCadence(8);
       bb1.applyBrake(15);
       bb1.speedUp(12);

       bb2.setGear(9);
       bb2.setCadence(10);
       bb2.applyBrake(5);
       bb2.speedUp(8);

       }
}
Membuat kelas mainnya:
class Bicycle{
       public int cadence;
       public int gear;
       public int speed;

       int startCadence;int startSpeed;int startGear;
       public Bicycle (){
                       gear = startGear;
                       cadence = startCadence;
                       speed = startSpeed;
                       }

                       public void setGear(int newValue){
                                       cadence = newValue;
                                       }

                                       public void setCadence (int newValue){
                                                       gear = newValue;
                                                       }

                                                       public void applyBrake (int decrement){
                                                                       speed -= decrement;
                                                                       }

                                                                       public void speedUp (int increment){
                                                                                       speed += increment;
                                                                                       }
                                                                       public void printStates() {

           System.out.println("cadence: "+cadence+ " speed: "+speed+ " gear: "+gear);
       }
}
public class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
       Bicycle bb1 = new Bicycle();
       Bicycle bb2 = new Bicycle();

       bb1.setGear(10);
       bb1.setCadence(8);
       bb1.applyBrake(15);
       bb1.speedUp(20);
       bb1.printStates();

       bb2.setGear(9);
       bb2.setCadence(10);
       bb2.applyBrake(5);
       bb2.speedUp(8);
       bb2.printStates();

       }
}
Hasilnya :
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma\bicycle" BicycleDemo
cadence: 10 speed: 5 gear: 8
cadence: 9 speed: 3 gear: 10
Finished executing



Pembahasannya:
·         public class Bicycle{: digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         public int candence; :merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable candence.
·         public int gear;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable gear.
·         public int speed;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable speed.
·         public Bicycle(int startCandence, int startSpeed ,int startGear){ :merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.
·         gear = startGear;: masuk ke variable gear kemudian dideklarasikan.
·         candence = startCandence;: masuk ke variable candence kemudian dideklarasikan.
·         speed = startSpeed;: masuk ke variable speed kemudian dideklarasikan.
·         public void setCandence(int newValue){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         candence = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
·         public void setGear(int newValue){digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         gear = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
·         public void applyBrake(int decrement){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         speed -= decrement; : berkurang satu dari variable speed..
·         public void speedUp(int increment){: digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         speed += increment; :bertambah satu nilai variable speed.
·         public class Bicycledemo : digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         public static void main(String[]args){ : untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
·         public void printStates() {:
·         System.out.println("cadence: "+cadence+ " speed: "+speed+ " gear: "+gear); : digunakan untuk menampilkan hasil atau outputnya.
·         Bicycle bb1 = new Bicycle(); digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle pertama (bb1)
·         Bicycle bb2 = new Bicycle():digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle kedua (bb2)
·         bb1.setGear(10); pada obyek bicycle 1 variable isi setGearnya 10.
·         bb1.setCadence(8);  pada obyek bicycle 1 variable isi setCandencenya 8.
·         bb1.applyBrake(15); pada obyek bicycle 1 variable isi applybrakenya 15.
·         bb1.speedUp(20); pada obyek bicycle 1 variable isi speedUpnya 20.
·         bb1.printStates();merupakan bicycle 1 variable isi printstates.
·         bb2.setGear(9): merupakan bicycle 2 variable isi gearnya 9.

TUGAS
1.       membuat program tentang kelas orang dan jenisnya.
public class OrangData // digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
{
int tinggi = 160; // merupakan tipe data integer dengan nilai tinggi 160
int berat = 45;//merupakan tipe data integer dengan nilai berat 45
String nama;// merupakan tipe data string dengan variabelnya nama.
String bentuk_badan;// merupakan tipe data string dengan variabelnya bentuk badan.
String warna_rambut = "hitam";// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna rambut dengan hasilnya hitam.
String warna_kulit = "coklat";// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna kulit dengan hasilnya coklat.
String kelamin;// merupakan tipe data string dengan variabelnya kelamin.
boolean kacamata;// merupakan tipe data booelan untuk menyatakan true atau false.
OrangData()//
{}
OrangData(String btk_bdn,String wrn_rambut,String wrn_kulit,String klm,boolean kcmt)// merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.

{
bentuk_badan = btk_bdn;//digunakan untuk memasukkan data bentuk badan.
warna_rambut=wrn_rambut;
warna_kulit=wrn_kulit;
kelamin = klm;
kacamata = kcmt;
}
public void setnama(String nama)//digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya String
{
nama = nama;
}
public static void main(String args[])//untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama
{
OrangData od = new OrangData();//digunakan untuk menciptakan obyek baru pada orangdata.
System.out.println("orang surabaya ke-1");//digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
od.setnama("Cela");//merupakan obyek dengan variable nama nya cela.
System.out.println("nama anda :"+od.nama);//digunakan untuk menampilkan hasil nama.
System.out.println("tinggi badan :"+od.tinggi);
System.out.println("berat badan :"+od.berat);
System.out.println("warna rambut :"+od.warna_rambut);
System.out.println("warna kulit :"+od.warna_kulit);
System.out.println("bentuk badan :"+od.bentuk_badan);
System.out.println("berkacamata :"+od.kacamata);
System.out.println("orang surabaya ke-2");
od.setnama("Cieni");
System.out.println("nama anda : "+od.nama);
System.out.println("tinggi badan : "+od.tinggi);
System.out.println("berat badan : "+od.berat);
System.out.println("warna rambut :"+od.warna_rambut);
System.out.println("warna kulit :"+od.warna_kulit);
System.out.println("bentuk badan : "+od.bentuk_badan);
System.out.println("berkacamata : "+od.kacamata);
}
}

Hasilnya:
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma" OrangData
orang surabaya ke-1
nama anda :null
tinggi badan :160
berat badan :45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan :null
berkacamata :false
orang surabaya ke-2
nama anda : null
tinggi badan : 160
berat badan : 45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan : null
berkacamata : false
Finished executing


Tidak ada komentar:

Pengikut

Total Tayangan Halaman

selamat datang

keliling luas lingkaran

on 10 Desember 2011

           PEMBAHASAN
LATIHAN
·       klling luas lingkaran.

class Lingkaran{
private double radius;
void IsiJari(double radius)
{
this.radius=radius;
}
public double perolehPi()
{
return 3.14;
}
public double perolehKeliling()
{
return 2 * perolehPi() * radius;
}
public double perolehLuas()
{
return perolehPi()*radius*radius;
}
}
public class PenentuMetode{
public static void main(String [] args)
{
Lingkaran bulatan = new Lingkaran();
bulatan.IsiJari(75);
System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());
System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());
System.out.println("Luas="+bulatan.perolehLuas());
}
}
Hasilnya:
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma" PenentuMetode
Keliling = 471.0
pi = 3.14
Luas=17662.5
Finished executing




Pembahasannya:
·         class Lingkaran{ : digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         private double radius;: merupakan field untuk mengakses kelas pada double radius. Dimana modifier private ini merupakan field yang bias diakses dalam kelas itu sendiri.
·         void IsiJari(double radius):digunakan untuk menampilkan kelas dengan method jari.
·         this.radius=radius;
·         public double perolehPi(): digunakan untuk menampilkan method perolehan pi.
·         return 3.14;: merupakan nilai dari pi = 3.14.
·         public double perolehKeliling(): digunakan untuk menampilkan method perolehan keliling.
·         return 2 * perolehPi() * radius;: merupakan rumus untuk memperoleh keliling.
·         public double perolehLuas():digunakan untuk menampilkan method Luas.
·         return perolehPi()*radius*radius; : merupakan rumus untuk menghitung luas.
·         public class PenentuMetode{: digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         public static void main(String [] args): untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
·         Lingkaran bulatan = new Lingkaran(); : digunkan untuk menciptakan obyek baru pada lingkaran.
·         bulatan.IsiJari(75); : merupakan variable isijarinya adalah 75.
·         System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling()); : digunakan untuk menampilkan hasil outputnya (Keliling)
·         System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());: digunakan untuk menampilkan hasil outputnya (Pi)
·         System.out.println("Luas="+bulatan.perolehLuas());: digunakan untuk menampilkan hasil outputnya (Luas).
TUGAS
1.       Membuat program untuk menghitung volume balok/kubus dan menentukan bangun yang dimasukkan balok atau kubus.
import java.util.Scanner;// untuk mendeklarasikan java agar menerima masukkan.
class ObyekBalokKubus// digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.

{
                         int panjang, lebar, tinggi, volume; //Sebagai tamppilan atribut yang bertipe integer.
public void setPanjang(int p)//berfungsi sebagai menampilkan nama method yaitu setPanjang.
{
panjang = p; // digunakan untuk menciptakan obyek pada panjang.
}
public void setLebar(int l)// berfungsi sebagai menampilkan nama method yaitu setLebar.
{
lebar = l;// digunakan untuk menciptakan obyek pada panjang.

}
public void setTinggi(int t)// berfungsi sebagai menampilkan nama method yaitu setTinggi.
{
tinggi = t;// digunakan untuk menciptakan obyek pada panjang.
}
public int getPanjang()//untuk mendeklarasikan method panjang dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan
{
return panjang;//merupakan nilai balik dari panjang atau method ini mengembalikan integer dari ekspresi panjang.
}
public int getLebar()//untuk mendeklarasikan method lebar dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan.
{
return lebar;// merupakan nilai balik dari lebar atau method ini mengembalikan integer dari ekspresi lebar.
}
                         public int getTinggi()//untuk mendeklarasikan method tinggi dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan
{
return tinggi;// merupakan nilai balik dari tinggi atau method ini mengembalikan integer dari ekspresi tinggi.
                        }
public int getVolume()//untuk mendeklarasikan method tinggi dengan tipe data nya integer dan untuk penulisannya case sensitive nya dibedakan
{
return panjang*lebar*tinggi;//merupakan nilai balik dari hasil perkalian panjang kali lebar kali tinggi atau method ini mengembalikan integer yang dihitung dari ekspresi panjang * lebar* tinggi.
                        }
public boolean iskubus()// merupakan variable iskubus dengan tipe variablenya Boolean(merupakan tipe data yang memiliki dua nilai true dan false).
{
if (panjang==lebar && lebar==tinggi)
return true;
else
return false;
perintah diatas merupakan tipe perulangan menggunakan if dimana jika benar adalah true jika salah adalah false.
}
}
public class ObyekBalokKubus1// digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
{
public static void main(String[] args)// untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
{
Scanner data = new Scanner(System.in);// artinya dibuat obyek dengan nama data dan mengacu ke kelas Scanner.
ObyekBalokKubus obk = new ObyekBalokKubus();//digunakan untuk menciptakan obyek baru pada lingkaran.
int p, l, t, v;//merupakan tampilan atriubut bertipe integer.
System.out.print("Masukkan Panjang : ");//digunakan untuk menampilkan hasil output input (Panjang)
obk.setPanjang(data.nextInt());//pernyataan masukkan untuk data bertipe integer.
System.out.print("Masukkan Lebar : ");// digunakan untuk menampilkan hasil output input (Lebar)
obk.setLebar(data.nextInt());//pernyataan masukkan untuk data bertipe integer.
System.out.print("Masukkan Tinggi : ");// digunakan untuk menampilkan hasil output input (tinggi)
obk.setTinggi(data.nextInt());//pernyataan masukkan untuk data bertipe integer.
System.out.println("Volume : "+obk.getVolume());//digunakan untuk menampilkan hasil volume.
System.out.println("");// digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
System.out.println("Bangun ruang tersebut merupakan ");// digunakan untuk menampilkan hasil output input.
System.out.println("");//digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
if (obk.iskubus())//
System.out.println("Kubus");//digunakan untuk menampilkan kubus.
else //pernyataan jika salah
System.out.println("Balok");// akan menampilkan balok.
}
}
Hasilnya :
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma" ObyekBalokKubus1
Masukkan Panjang : Masukkan Lebar : Masukkan Tinggi : Volume : 6

Bangun ruang tersebut merupakan

Balok
Finished executing









MODUL 16
KELAS DAN OBYEK II
A.                TUJUAN
Mahasiswa mampu membuat obyek yang mengacu dikelas tersebut.
B.                 PEMBAHASAN
LATIHAN
Membuat kelas main.
public class Bicycle{
       public int cadence;
       public int gear;
       public int speed;

       public Bicycle (int startCadence, int startSpeed, int startGear){
                       gear = startGear;
                       cadence = startCadence;
                       speed = startSpeed;
                       }

                       public void setGear(int newValue){
                                       cadence = newValue;
                                       }

                                       public void setCadence (int newValue){
                                                       gear = newValue;
                                                       }

                                                       public void applyBrake (int decrement){
                                                                       speed -= decrement;
                                                                       }

                                                                       public void speedUp (int increment){
                                                                                       speed += increment;
                                                                                       }
       }

class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
       Bicycle bb1 = new Bicycle(1,2,3);
       Bicycle bb2 = new Bicycle(3,4,5);

       bb1.setGear(10);
       bb1.setCadence(8);
       bb1.applyBrake(15);
       bb1.speedUp(12);

       bb2.setGear(9);
       bb2.setCadence(10);
       bb2.applyBrake(5);
       bb2.speedUp(8);

       }
}
Membuat kelas mainnya:
class Bicycle{
       public int cadence;
       public int gear;
       public int speed;

       int startCadence;int startSpeed;int startGear;
       public Bicycle (){
                       gear = startGear;
                       cadence = startCadence;
                       speed = startSpeed;
                       }

                       public void setGear(int newValue){
                                       cadence = newValue;
                                       }

                                       public void setCadence (int newValue){
                                                       gear = newValue;
                                                       }

                                                       public void applyBrake (int decrement){
                                                                       speed -= decrement;
                                                                       }

                                                                       public void speedUp (int increment){
                                                                                       speed += increment;
                                                                                       }
                                                                       public void printStates() {

           System.out.println("cadence: "+cadence+ " speed: "+speed+ " gear: "+gear);
       }
}
public class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
       Bicycle bb1 = new Bicycle();
       Bicycle bb2 = new Bicycle();

       bb1.setGear(10);
       bb1.setCadence(8);
       bb1.applyBrake(15);
       bb1.speedUp(20);
       bb1.printStates();

       bb2.setGear(9);
       bb2.setCadence(10);
       bb2.applyBrake(5);
       bb2.speedUp(8);
       bb2.printStates();

       }
}
Hasilnya :
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma\bicycle" BicycleDemo
cadence: 10 speed: 5 gear: 8
cadence: 9 speed: 3 gear: 10
Finished executing



Pembahasannya:
·         public class Bicycle{: digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         public int candence; :merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable candence.
·         public int gear;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable gear.
·         public int speed;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable speed.
·         public Bicycle(int startCandence, int startSpeed ,int startGear){ :merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.
·         gear = startGear;: masuk ke variable gear kemudian dideklarasikan.
·         candence = startCandence;: masuk ke variable candence kemudian dideklarasikan.
·         speed = startSpeed;: masuk ke variable speed kemudian dideklarasikan.
·         public void setCandence(int newValue){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         candence = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
·         public void setGear(int newValue){digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         gear = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
·         public void applyBrake(int decrement){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         speed -= decrement; : berkurang satu dari variable speed..
·         public void speedUp(int increment){: digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
·         speed += increment; :bertambah satu nilai variable speed.
·         public class Bicycledemo : digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
·         public static void main(String[]args){ : untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
·         public void printStates() {:
·         System.out.println("cadence: "+cadence+ " speed: "+speed+ " gear: "+gear); : digunakan untuk menampilkan hasil atau outputnya.
·         Bicycle bb1 = new Bicycle(); digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle pertama (bb1)
·         Bicycle bb2 = new Bicycle():digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle kedua (bb2)
·         bb1.setGear(10); pada obyek bicycle 1 variable isi setGearnya 10.
·         bb1.setCadence(8);  pada obyek bicycle 1 variable isi setCandencenya 8.
·         bb1.applyBrake(15); pada obyek bicycle 1 variable isi applybrakenya 15.
·         bb1.speedUp(20); pada obyek bicycle 1 variable isi speedUpnya 20.
·         bb1.printStates();merupakan bicycle 1 variable isi printstates.
·         bb2.setGear(9): merupakan bicycle 2 variable isi gearnya 9.

TUGAS
1.       membuat program tentang kelas orang dan jenisnya.
public class OrangData // digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
{
int tinggi = 160; // merupakan tipe data integer dengan nilai tinggi 160
int berat = 45;//merupakan tipe data integer dengan nilai berat 45
String nama;// merupakan tipe data string dengan variabelnya nama.
String bentuk_badan;// merupakan tipe data string dengan variabelnya bentuk badan.
String warna_rambut = "hitam";// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna rambut dengan hasilnya hitam.
String warna_kulit = "coklat";// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna kulit dengan hasilnya coklat.
String kelamin;// merupakan tipe data string dengan variabelnya kelamin.
boolean kacamata;// merupakan tipe data booelan untuk menyatakan true atau false.
OrangData()//
{}
OrangData(String btk_bdn,String wrn_rambut,String wrn_kulit,String klm,boolean kcmt)// merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.

{
bentuk_badan = btk_bdn;//digunakan untuk memasukkan data bentuk badan.
warna_rambut=wrn_rambut;
warna_kulit=wrn_kulit;
kelamin = klm;
kacamata = kcmt;
}
public void setnama(String nama)//digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya String
{
nama = nama;
}
public static void main(String args[])//untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama
{
OrangData od = new OrangData();//digunakan untuk menciptakan obyek baru pada orangdata.
System.out.println("orang surabaya ke-1");//digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
od.setnama("Cela");//merupakan obyek dengan variable nama nya cela.
System.out.println("nama anda :"+od.nama);//digunakan untuk menampilkan hasil nama.
System.out.println("tinggi badan :"+od.tinggi);
System.out.println("berat badan :"+od.berat);
System.out.println("warna rambut :"+od.warna_rambut);
System.out.println("warna kulit :"+od.warna_kulit);
System.out.println("bentuk badan :"+od.bentuk_badan);
System.out.println("berkacamata :"+od.kacamata);
System.out.println("orang surabaya ke-2");
od.setnama("Cieni");
System.out.println("nama anda : "+od.nama);
System.out.println("tinggi badan : "+od.tinggi);
System.out.println("berat badan : "+od.berat);
System.out.println("warna rambut :"+od.warna_rambut);
System.out.println("warna kulit :"+od.warna_kulit);
System.out.println("bentuk badan : "+od.bentuk_badan);
System.out.println("berkacamata : "+od.kacamata);
}
}

Hasilnya:
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe  -classpath "C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma" OrangData
orang surabaya ke-1
nama anda :null
tinggi badan :160
berat badan :45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan :null
berkacamata :false
orang surabaya ke-2
nama anda : null
tinggi badan : 160
berat badan : 45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan : null
berkacamata : false
Finished executing


0 komentar:

 
Template Indonesia | NOTE
Aku cinta Indonesia